Newsbisnis.id
Jakarta, Krista Exhibitions, sebagai penyelenggara pameran makanan dan minuman internasional terbesar di Indonesia, SIAL Interfood, menyelenggarakan konferensi pers Jumat, 8 November 2024. Bertempat di Gedung Utama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Pameran berskala internasional yang dikenal sebagai “The Global Food
Marketplace” atau Salon International de l’Alimentation (SIAL). Pameran ke-25 ini akan digelar pada pada tanggal 13-16 November 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.
Sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, acara ini menampilkan inovasi di sektor makanan, minuman, jasa boga, hotel, restoran, kafe, dan bakery, dengan lebih dari 1.200 peserta, termasuk 150 UMKM dari berbagai
daerah yang akan memperkenalkan produk unggulan mereka. Peserta pameran berasal dari lebih dari 25 negara, termasuk Thailand, Indonesia, Iran, Sri Lanka, Singapura, Arab Saudi, Malaysia, Vietnam, Mesir, Korea, Turki, Belarus, Taipei, Rusia, Jepang, Taiwan, China, Amerika Serikat, Georgia, Oman, Dubai (UAE), Italia,India, Swiss, dan Jerman.
Dengan target 90.000 pengunjung dalam empat hari, SIAL Interfood 2024
diharapkan menjadi platform ideal bagi pelaku industri dan konsumen untuk menjalin jaringan, berbagi pengetahuan, dan mengeksplorasi tren terbaru. Melalui pameran ini, tercipta peluang kolaborasi yang lebih kuat antar pelaku industri, meningkatkan daya saing produk lokal, serta mendukung ketahanan pangan nasional.
Pameran Sial Interfood 2024 juga akan diadakan bersamaan dengan Seafood Show Asia Expo 2024, All Indonesia CoolTech Expo 2024 dan INAShop Expo 2024, memberikan pengalaman yang lebih kaya dan beragam bagi para pengunjung melalui keberagaman produk dan layanan yang ditawarkan.
Sebagai salah satu pameran terbesar di Indonesia untuk industri makanan dan
minuman, SIAL Interfood 2024 bukan hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan inovasi terbaru dan produk unggulan, tetapi juga menjadi platform strategis yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.
Berbagai pemangku kepentingan, mulai dari produsen hingga distributor, akan berkumpul dalam ajang ini guna bertukar pengetahuan dan teknologi yang dapat mendukung efisiensi dalam
proses produksi dan distribusi pangan.
Krista Exhibitions terus mendorong terjadinya business matching antara pelaku usaha lokal dan internasional serta turut mengundang buyers dari luar negeri. SIAL Interfood 2024 juga menjadi sumber inspirasi bagi para pengusaha muda yang ingin terjun ke industri makanan dan minuman (F&B).
CEO Krista Exhibitions, Daud D. Salim, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena dapat kembali menyelenggarakan SIAL Interfood yang telah menjadi salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di Asia. “Pameran SIAL Interfood 2024 adalah kali ke-25 kami mengadakan ajang ini di Indonesia, dan tahun ini sangat istimewa karena mengalami peningkatan jumlah peserta yang signifikan,” ungkap Daud.
Dibandingkan dengan tahun 2023 yang diikuti oleh 895 perusahaan, pada 2024 ini tercatat sebanyak 1.200 peserta dari dalam dan luar negeri berpartisipasi dalam acara ini, menunjukkan besarnya antusiasme terhadap pameran ini.
Selanjutnya, Daud Salim menekankan pentingnya industri makanan dan minuman dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Dari total peserta tahun ini, sebanyak 150 di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang turut serta memperkenalkan produk-produk mereka di ajang internasional ini. “Kami ingin produk-produk makanan dan minuman Indonesia, baik dari UMKM maupun perusahaan besar, dapat bersaing di pasar internasional dan dikenal lebih luas,” ujar Daud.
Konferensi pers ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di sektor perdagangan dan industri makanan dan minuman nasional. Turut hadir Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Mardiana Listyowati; Direktur Pengembangan Ekspor Primer, Miftah Farid; Wakil Ketua Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Lena Perwira; serta Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Roy Mandey. Kehadiran mereka menegaskan dukungan pemerintah dan asosiasi industri terhadap SIAL Interfood sebagai ajang strategis bagi pertumbuhan sektor makanan dan minuman dalam negeri.
“Temukan inspirasi tak terbatas di SIAL Interfood 2024! di https://register.kristaonline.com/visitor/sialinterfood untuk akses selama empat hari ke seluruh area pameran. pendaftaran terbuka dengan biaya Rp 200.000. Jelajahi inovasi terbaru di industri makanan dan minuman, saksikan kompetisi memasak seru, dan eksplorasi kreasi kuliner dari seluruh dunia. Jangan lewatkan pengalaman unik ini! “.