Newsbisnis.id
Jakarta, Krista Exhibitions, sebagai penyelenggara pameran makanan dan minuman internasional terbesar di Indonesia, SIAL Interfood, menyelenggarakan konferensi pers Jumat, 8 November 2024. Bertempat di Gedung Utama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Pameran berskala internasional yang dikenal sebagai “The Global Food
Marketplace” atau Salon International de l’Alimentation (SIAL). Pameran ke-25 ini akan digelar pada pada tanggal 13-16 November 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta
Konferensi pers ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Dr. Miftah Farid S. Tp. M.S.E dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Menteri Perdagangan tentang program strategis Kementerian Perdagangan untuk lima tahun ke depan. Tiga gagasan utama tersebut mencakup penguatan pasar dalam negeri, perluasan pasar ekspor, dan peningkatan ekspor UMKM. Menurut Dr. Miftah, penguatan pasar dalam negeri bertujuan untuk mendorong 270 juta konsumen Indonesia agar lebih mengonsumsi produk lokal, terutama dari sektor UMKM. Kementerian Perdagangan menyediakan berbagai sarana dan strategi agar UMKM dapat menjadi tuan rumah di pasar nasional ujarnya.
Selanjut, Dr. Miftah juga menjelaskan pentingnya perluasan pasar ekspor, terutama ke pasar non-tradisional. Selain pasar tradisional seperti Amerika Serikat dan ASEAN, Kementerian Perdagangan menargetkan negara-negara baru di Asia Selatan dan Amerika Latin sebagai peluang potensial. “Kami ingin memperluas pasar ekspor ke negara-negara yang sedang berkembang pesat, yang kami sebut sebagai ‘game changer’ dalam perdagangan global,” ujar Dr. Miftah. Menurutnya, standar hidup yang terus meningkat di kawasan-kawasan tersebut akan membuka peluang besar bagi produk Indonesia kata Dr. Miftah.