Sosial/Politik

*”Tiem dari Pemekaran Peg.Seir/Eroma” Aspresiasi yang Tinggi kepada Pemerintah Pusat*

Spread the love

Newsbisnis.id

Jakarta, Rapat Kerja dan Rapat dengar Pendapat Komisi II DPR RI bersama Pimpinan DPR Papua terkait Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB)  Kabupaten/Kota di Papua yang dilaksanakan di Gedung Nusantara DPR RI Senayan Jakarta Pusat, Senen 20/3-2023.

 

Ferdinand Donggori, S.E, MSi, selaku ketua tiem pemekaran DOB Kabupaten Ghondumi Sisare wilayah Waropen Propinsi Papua tahun 2023 menjelaskan bahwa kami dari Papua induk dari Putusan DPD RI kami diurutan ke 4 dari penetapan Propinsi Papua ujarnya.

Saya selaku ketua tiem turut memberikan aspresiasi yang tinggi kepada pemerintah pusat atas kebijakan untuk mengakomodir aspirasi kami orang Papua dan seluruh Propinsi yang ada ditanah Papua, baik yang baru dimekarkan yaitu DOB Propinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan tengah, dan Papua Barat Daya ujarnya.

Kita sudah 6 propinsi masih tinggal 1 propinsi lagi dalam perencanaan sesuai tata struktural wilayah, propinsi Papua Utara kepulauan yang belum di mekarkan.

DPRPapua meminta keseriusan dan perhatian pemerintah terkait lahirnya DOB kabupaten/kota propinsi Papua agar tidak terjadi seperti lahirnya DOB propinsi ditanah Papua saat ini. Hal tersebut perlu diperhatikan seperti keuangan operator, kelembagaan pemerintah dalam hal ini DPDD dan pelayanan dasar masyarakat ( pendidikan & kesehatan).

Kami  bahagia hari ini karena ada perhatian dari pemerintah untuk memekarkan propinsi Papua, bahkan juga ada pelatihan untuk memekarkan kabupaten/kota yang ada di wilayah Papua secara umum dari masing2 daerah tuturnya.

“Kami mengapresiasi pemerintah pusat karena pemerintah pusat memberikan kebjiakan dan menganggarkan, bagi setiap anggaran DOP di propinsi Papua baik kabupaten/kota ” mereka menyiapkan anggaran kebijakan untuk merealisasikan tapi ada kewajiban kepada pemerintah propinsi dan kabupaten untuk pemecahan pemekaran tersebut.

Kami bangga dan membuka diri untuk orang Papua dan mau juga mau menerima aspirasi kami , dan kami sangat bahagia karena sudah diperhatikan oleh pemerintah pusat kata Ferdinand. (w).

Anda mungkin juga suka...