Sosial/Politik

*”Romanus Omaleng” (Anggota DPRPapua) Sangat Puas DOB Didukung oleh Pemerintah Pusat*

Spread the love

Newsbisnis.id

Jakarta, Rapat Kerja dan Rapat dengar Pendapat Komisi II DPR RI bersama Pimpinan DPR Papua terkait Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB)  Kabupaten/Kota di Papua yang dilaksanakan di Gedung Nusantara DPR RI Senayan Jakarta Pusat, Senen 20/3-2023.

Romanus Omaleng selaku anggota DPRPapua  Komisi I menjelaskan kepada wartawan bahwa saat ini kami sangat puas karena pemerintah dan DPR komisi II mendukung agar DOB ini terlaksana secepatnya ujarnya.

Penetapan empat daerah otonom baru (DOB) di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Pemekaran daerah di Papua dapat mempercepat pemerataan pembangunan di Indonesia. Dengan adanya empat provinsi baru di Tanah Papua, pelayanan dari pemerintah pusat kepada masyarakat setempat diharapkan dapat berjalan semakin mudah.

Dengan pemekaran daerah di Papua tersebut, tujuan desentralisasi untuk pemerataan pembangunan di Tanah Air diharapkan segera terwujud serta membuka peluang untuk mengembangkan potensi daerah.

Saya selaku anggota DPRPapua sependapat dengan DPR RI komisi II bahwa banyak masalah seperti masalah pendidikan, masalah kesehatan dan masalah infrastruktur dan juga masalah hak2 dewan anggota DPRPapua maupun Papua barat, dan sementara hak2 kami tidak jalan, kami sebagai fungsi penganggaran, anggota dewan sebagai fungsi anggaran dan sebagai registrasi dan kontrolisasi agar diperhatikan ucapnya.

Dan hari ini komisi II dan pemerintah pusat (menteri dalam negeri bpk Tito) menyampaikan bahwa usulan dan permintaan  kami diterima dan kami sangat puas, kami pulang dengan hasil memuaskan karena sudah disepakati bersama dengan DPR RI.

Saya berharap agar Papua itu diperhatikan dari Pemerintah Pusat karena DOB baru ini sangat sulit diexekusi atau tidak, jadi harus benar2 diperhatikan untuk pembangunannya, untuk pendidikan dan kesehatannya pungkas Romanus.

Anda mungkin juga suka...