Sosial/Politik

*Permintaan Masyarakat Agar Pemekaran DOB segera Terealisasi*

Spread the love

Newsbisnis.id

Jakarta, Rapat Kerja dan Rapat dengar Pendapat Komisi II DPR RI bersama Pimpinan DPR Papua terkait Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB)  Kabupaten/Kota di Papua yang dilaksanakan di Gedung Nusantara DPR RI Senayan Jakarta Pusat, Senen 20/3-2023.

Meneta Kogoya selaku staf ahli Bupati Lanu Jaya menjelaskan bahwa untuk pemekaran ada 4 propinsi, yang baru,  Papua Barat, Papua Induk, Papua Selatan ( Merauke),  Papua Pegunungan ( Jayawijaya, Wamena), Papua Tengah ( Nabire  Timika), Papua Barat Daya (Sorong&Biak) semua ada 7 dengan induk ujarnya.

Dengan pemekaran daerah di Papua tersebut, tujuan desentralisasi untuk pemerataan pembangunan di Tanah Air diharapkan segera terwujud serta membuka peluang untuk mengembangkan potensi daerah.

Selanjutnya tujuan pemekaran ini  untuk mempercepat pemerataan pembangunan, meningkatkan pelayanan publik, mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta mengangkat harkat dan martabat orang asli Papua. Pemekaran juga harus menjamin dan memberikan ruang bagi Orang asli Papua dalam aktivitas politik, pemerintahan, perekonomian, sosial, dan budaya tuturnya.

Saya berharap agar DOB segera diwujudkan serta teraliasasi secepatnya kata Meneta Kogoya. (W).

Anda mungkin juga suka...